A. PENDAHULUAN
Sekolah merupakan suatu lembaga yang berorientasi
mengembangkan potensi peserta didiknya. Sekolah harus bekerja sama dengan keluarga,
lingkungan, organisasi, dan lembaga-lembaga lain yang hidup di masyarakat.
Sekolah harus bertanggungjawab mengenai hasil proses
sosialisasi yang berlangsung di luar sekolah selama yang
bersangkutan menjadi pelajar di sana. Tidak hanya potensi kognitif, afektif dan psikomotor, tetapi potensi anak
secara keseluruhan. Kapasitas potensi seorang anak tentunya tidak akan seluruhnya
terakomodir oleh sistem pembelajaran yang digelutinya. Karena kita sadar bahwa
potensi anak merupakan dimensi yang sangat kompleks dan terus berkembang.
Menyadari hal tersebut, upaya mengembangkan potensi anak
menjadi upaya yang mesti dilakukan secara berkesinambungan tanpa memberi
batasan-batasan kaku tentang kapasitas potensi seorang anak. Konsep
pembelajaran terintegrasi merupakan
salah satu upaya mengembangkan potensi anak secara keseluruhan dengan membuka peluang seluas mungkin kepada anak
untuk mengekspresikan dirinya. Kesempatan anak menemukan potensi dirinya akan
terbuka manakala peluang itu kita wujudkan dalam berbagai dimensi pembelajaran.
Pembelajaran yang variatif akan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada
anak untuk menyadari kemampuannya yang khas, sehingga berpeluang untuk
berkembang lebih jauh dan lebih pesat lagi.
MTs Asih Putera melalui kegiatan “Kemah Alam 2017” berupaya memberikan kesempatan dan peluang kepada seluruh siswanya untuk
mengembangkan segala potensi yang dimilkinya. Kemah Alam merupakan pola
pembelajaran yang lebih berdimensi faktual dan diharapkan mampu menghadirkan
nuansa pembelajaran yang lebih variatif dan lebih nyata untuk menumbuhkan
kemandirian dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.
B. TUJUAN DAN METODE
PELAKSANAAN
Tujuan :
Tujuan :
a.
Membentuk pribadi yang survive di alam bebas maupun di masyarakat
b. Membangun kemandirian dan kedisiplinan
c. Memupuk rasa tanggungjawab dan sikap kerjasama
d. Memupuk jiwa kepemimpinan dan keprajuritan
e. Menumbuhkan kecintaan terhadap sesame dan alam semesta
b. Membangun kemandirian dan kedisiplinan
c. Memupuk rasa tanggungjawab dan sikap kerjasama
d. Memupuk jiwa kepemimpinan dan keprajuritan
e. Menumbuhkan kecintaan terhadap sesame dan alam semesta
Metode/Bentuk Kegiatan
a.
Berkemah
b. Lintas alam/hiking
c. Out bound
d. Simulasi kelompok
e. Solo bivac/muhasabah
f. Pemberian proyek
g. Penugasan individu dan kelompok
h. Lomba memasak
i. Pentas kreasi kelompok
j. Pembekalan materi dan game
b. Lintas alam/hiking
c. Out bound
d. Simulasi kelompok
e. Solo bivac/muhasabah
f. Pemberian proyek
g. Penugasan individu dan kelompok
h. Lomba memasak
i. Pentas kreasi kelompok
j. Pembekalan materi dan game
C. TEMA
KEGIATAN
“Lumampah Tong Saukur
Ngalengkah”